Kuliah Seri Pemikiran Fakhr al-Dīn al-Rāzī

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah, di awal tahun ini PIMPIN akan menggelar Kuliah Berseri yang bertemakan Seri Pemikiran Fakhr al-Dīn al-Rāzī

Imām Fakhr al-Dīn al-Rāzī (544-606 H/1150-1210 M) ialah seorang ulama ensiklopedis—sosok ulama yang pada masa ini keberadaannya teramat jarang. Beliau tidak hanya hebat dalam ilmu-ilmu agama seperti tafsir, ushul, kalam, fikih dan perbandingan agama, tetapi juga memiliki otoritas, memberi banyak kontribusi serta menulis banyak buku tentang sains alam seperti fisika, astronomi, juga hingga dalam bidang filsafat, sastra, logika, matematika, kedokteran dan banyak lagi. Beliau juga dikenal dengan menulis berbagai komentar terhadap pemikiran Ibnu Sīnā. Karya karya Fakhr al-Dīn al-Rāzī masih jarang dieksplorasi dibandingkan dengan karya-karya Ibnu Sīnā, al-Ghazālī, Ibnu Rusyd dan lainnya. Buku-bukunya masih banyak dalam bentuk manuskrip yg belum dikaji baik oleh sarjana Muslim ataupun sarjana Barat.

Saat ini, sebagian besar umat Muslim malah menjadikan Barat sebagai rujukan utama dalam ilmu umum, bahkan hingga pandangan hidup dan ilmu keislaman pun mengikuti mereka—lupa akan warisan luhur dari peradabannya sendiri. Bertolak belakang dengan sikap tersebut, dalam mengadopsi dan mengadaptasi ilmu serta kebudayaan asing, Fakhr al-Dīn al-Rāzī justru membuahkan karya-karya yang mencakup kritik, misalnya terhadap metafisika dan fisika Aristoteles mengenai konsep Tuhan, alam, waktu, dan lainnya. Beliau mengambil aspek-aspek yang selaras dengan worldview Islam, sambil meluruskan segala yang tak sesuai. Pandangan serta pemikiran-pemikiran Fakhr al-Dīn al-Rāzī adalah salah satu sumbangsih terbesar yang sangat berharga bagi keagungan, kegemilangan dan kemuliaan peradaban Islam yang perlu senantiasa diselami serta dikembangkan oleh umat Muslim.

PIMPIN kali ini akan menghadirkan al-Ustadz Adnin Armas, M. A., salah seorang pendiri Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS) yang mendalami pemikiran-pemikiran Imām Fakhr al-Dīn al-Rāzī, salah satunya adalah mengenai konsep waktu yang pernah ia tuangkan dalam tesisnya pada tahun 2003 saat di International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC) dengan judul “Fakhr al-Dīn al-Rāzī on Time”, di bawah bimbingan Prof. Paul Lettinck dari Belanda. Beliau akan mengetengahkan beberapa pemikiran penting dari Imām Fakhr al-Dīn al-Rāzī. Untuk itu, para peminat kajian Islam sangat disarankan untuk hadir di:

Kuliah Seri PIMPIN
Tema: Seri Pemikiran Fakhr al-Dīn al-Rāzī

Pemateri: Adnin Armas, M. A. (Pendiri Jawharuna Institute)

Materi:

  1. Biografi Fakhr al-Dīn Al-Rāzī
  2. Konsep Waktu
  3. Persoalan Keazalian Alam
  4. Fakhr al-Dīn al-Rāzī dan Tasawuf
  5. Konsep Jiwa
  6. Konsep Ilmu
  7. Persoalan Theodesi

Waktu: Sabtu & Ahad, 25 & 26 Januari 2020. Pukul: 09.00-17.00 WIB (Zuhur & Ashar jeda)

Tempat: Kalya Hotel Bandung, Jl. Sumur Bandung No. 7 Dago, Bandung.

Kontribusi:

  • Umum Rp. 550.000,-;
  • Mahasiswa S1 Rp. 400.000,-
    (Transfer ke BSM 7072864659 a. n Linoharsih)
    *Paling lambat Kamis, 23 Januari 2020.

Fasilitas: Coffee break & Lunch, e-Certificate

Pendaftaran: http://bit.ly/kuliaharraziPIMPIN

Narahubung: http://wa.me/+6287726308337 (Laila)

author
No Response

Leave a reply "Kuliah Seri Pemikiran Fakhr al-Dīn al-Rāzī"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.