Pelatihan Jurnalistik Pertemuan Pertama

No comment 214 views

Oleh : Yulia

Ada yang berbeda di Laboratorium Fisika UNIKOM Bandung, sabtu siang, 5 Oktober 2013 kemarin. Beberapa orang berkumpul untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang diadakan PIMPIN Bandung. Rizki "Lesus", atau biasa dipanggil Kang Rizki, bertindak sebagai narasumber sekaligus mentor bagi peserta yang rata-rata belum pernah menekuni jurnalisme secara profesional. Kang Rizki, anggota Jurnalis Islam Bersatu (JITU) menekankan pentingnya umat Islam menguasai media massa sebagai salah satu bentuk perlawanan terhadap dominasi media sekuler yang amat menghegemoni masyarakat muslim dewasa ini.

Berbagai bentuk perlawanan, baik berupa upaya counter-issue ataupun penyebaran alternative opinion patut mendapatkan perhatian khusus oleh para jurnalis muslim yang memiliki dan menyadari pentingnya pengaruh worldview islam terhadap validitas dan keadilan pemberitaan di media. Acara yang rencananya digelar secara kontinu setiap sabtu selama bulan Oktober ini diharapkan mampu setidaknya memberikan keterampilan dasar mengenai pengumpulan, pengolahan, hingga penyebaran berita di media massa.

Untuk itu, peserta tidak hanya dibekali dengan wawasan mengenai jurnalisme, namun juga dilatih dengan kemampuan menulis berbagai bentuk berita, baik hard-news maupun soft-news. Melalui pelatihan jurnalistik ini diharapkan peserta yang memiliki keinginan berjihad di bidang jurnalisme tidak hanya berbekal tekad dan semangat, namun juga memiliki ilmu, wawasan, kreativitas, dan keterampilan dalam memperjuangkan visi keislamannya dengan cara yg penuh hikmah dan mampu menyentuh hati kaum muslim secara umum.

Sumber Gambar :

http://www.kopertis3.or.id/html/2015/10/peserta-workshop-pengembangan-jurnalistik-mahasiswa-2015/

author
No Response

Leave a reply "Pelatihan Jurnalistik Pertemuan Pertama"