Profil PIMPIN

2 comments 165 views

Umat Islam Indonesia kini berada di persimpangan jalan. Setelah lebih dari 60 tahun mengecap kemerdekaan, bangsa ini masih dicengkram kemunduran dan kebobrokan dalam hampir semua aspek kehidupan. Kerusakan yang luar biasa besarnya ini mencerminkan betapa serius dan kompleksnya masalah yang dihadapi. Akankah dekade-dekade mendatang kita akan terus menyaksikan bangsa ini dihimpit oleh berbagai permasalahan dan keprihatinan? Kita semua tentu tidak mengharapkan demikian, namun yang jelas kita semua merasa prihatin dan sepakat bahwa bangsa Indonesia harus diselamatkan, sebelum ia jatuh menjadi bangsa dan negara yang gagal. Untuk itu diperlukan langkah-langkah untuk memperbaiki keadaan sebagaimana telah dijelaskan di dalam al-Qur'an :

"Sesungguhnya Allah tidak akan merubah (keadaan) yang ada pada suatu kaum sehingga mereka merubah apa yang ada di dalam diri mereka sendiri" (QS. Ar Ra'du : 11)

Belajar dari sejarah peradaban besar dunia, khususnya peradaban Islam yang gemilang, gerakan pencerahan dan keilmuan yang intensif merupakan kunci terjadinya perubahan dan kebangkitan (nahdah) sebuah masyarakat. Oleh karena itu, berbekal bimbingan al-Qur’an, kami menyadari bahwa menyelamatkan dan membangun kembali bangsa ini perlu dimulai dengan gerakan pencerahan dan keilmuan yang intensif yang dipelopori oleh golongan ilmuwan otoritatif dan kompeten. Tujuannya adalah untuk mengkaji dan memberikan solusi serta arahan bagaimana dan pada bagian mana perbaikan (islah) hakiki dan komprehensif dalam tubuh umat dapat dilakukan.

Logo PIMPIN Bandung

Logo PIMPIN Bandung

PIMPIN adalah suatu wadah yang berusaha menghimpun para ilmuwan untuk mengemban misi nabawi yaitu misi tahriri-tanwiri-islahi (pembebasan-pencerahan-perbaikan). PIMPIN berhasrat menggabungkan kekuatan para ilmuwan, dari berbagai bidang kepakaran, yang memiliki kerangka pemikiran dan worldview Islam yang jelas dan kukuh untuk dapat menyumbang dan mewarnai pembinaan bangsa untuk tampil sebagai bangsa mandiri dan unggul yang diridhai oleh Allah SWT. Oleh itu, wacana yang ingin dikembangkan oleh PIMPIN melakukan kajian, yang meskipun bersifat teoritis, namun senantiasa dikaitkan secara langsung dengan isu-isu pembangunan dan pemberdayaan umat Islam, di Indonesia khususnya dan di seluruh dunia umumnya.

Rekening:
Bank Muammalat: 0102789940 (a/n Usep Muhamad Ishaq)

Al-Rahi (malaysia) 12200-7101539261 (a/n Khalif Muammar)

author
2 Responses
  1. author

    Rodi Wahyudi3 years ago

    Assalamu’alaikum,
    Saya mau beli buku Islam dan Sekulerisme (Syed Muhammad Naquib Al Atas), dimana boleh saya dapat dan berapa harganya ?

    Terima kasih

    Rodi

    Reply
    • author

      Mohammad Ishaq4 weeks ago

      hubungi sdr. Agus di +6281220523234 (wa/sms)

      Reply

Leave a reply "Profil PIMPIN"